DEMOGRAFI

  1. KONDISI GEOGRAFIS

 Desa Gunungtiga Kecamatan Belik secara astronomi terletak antara 1090 17” 30” – 1090 40” 30” Bujur Timur dan 80 52” 30” – 70 20” 11” Lintang Selatan (apabila belum  diketahui letak astronomi desa, sementara diisi letak astronomi Wilayah Pemalang). Adapun secara geografis wilayah Desa Gunungtiga memiliki batas-batas sebelah utara berbatasan dengan Desa Mendelem Kecamatan Belik, sebelah timur berbatasan dengan Desa Kuta Kecamatan Belik, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Sirandu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Mendelem-Belik Kecamatan Belik. Sedangkan luas wilayah Desa Gunungtiga adalah 3.616.615 km2 atau 3.616,615 Ha terdiri dari tanah sawah seluas 98,42 Ha dan tanah darat seluas 203,05 Ha. Adapun secara administratif Desa Gunungtiga terbagi dalam 2 (dua) dusun dan secara kelembagaan terbagi dalam 4 (empat) RW dan 12 RT.

Kondisi topografi wilayah Desa Gunungtiga terdiri dari daerah dataran tinggi dengan ketinggian rata-rata 738 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Desa Gunungtiga merupakan daerah yang berbukit-bukit baik yang memiliki kemiringan landai dan curam. Jenis tanah di Wilayah Desa Gunungtiga terdiri dari tanah regosol batu-batuan pasir dan intermedier dan tanah latosal yang terdiri dari batu bekuan pasir. Pemanfaatan tanah sebagian besar untuk pertanian, tanaman pangan, buah-buahan dan sayur-sayuran yakni seluas 301,47 Ha atau 8,36% dari luas wilayah Desa Gunungtiga. Sedangkan sisanya seluas 3,315 Ha (91,64%) Sebagian besar adalah milik Perhutani dan sisanya digunakan untuk bangunan perumahan/gedung serta pekarangan, tempat usaha, lembaga pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

  1. GAMBARAN UMUM DEMOGRAFIS

 Jumlah penduduk Desa Gunungtiga pada akhir tahun 2016 sejumlah 3.543 jiwa terdiri dari 1.767 jiwa laki-laki dan 1.776 jiwa perempuan. Sedangkan kepadatannya mencapai 1 jiwa/km2. Laju pertumbuhan penduduk Desa Gunungtiga pada tahun 2016 sebesar 0,9 %.

Penduduk Desa Gunungtiga dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok usia yaitu :

Tabel 1 : Jumlah Penduduk Berdasarkan Kelompok Usia.

Kelompok Usia 0-5 tahun 6-20 tahun 21-60 tahun 60 tahun keatas
Jumlah (jiwa) 289 1.552 1.406 296

Sumber : Data Monografi Desa Gunungtiga Tahun 2016

Sedangkan Komposisi Penduduk Desa Gunungtiga berdasarkan Jenis Pekerjaan, Pendidikan, Mata Pencaharian/Lapangan Usaha sebagai berikut :

  1. Komposisi penduduk berdasarkan jenis pekerjaan.

Tabel 2 : Jumlah Penduduk  Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Jenis Pekerja an Pen duduk PETANI Nela-yan Peng-usaha Sedang/ Besar Peng-rajin/ Industri Kecil Buruh Peda- gang Peng-ang kutan PNS TNI/ Polri Pensiunan Jml
Pe-milik Ta-

nah

Peng-garap Lahan Peng-garap Penye- kap Buruh Tani Indus-  tri Bangunan Pertam-bangan Perkebunan
Jumlah (jiwa) 1.859 76 576 11 138 38 98 162 25 1 13 2.997

Sumber : Data Monografi Desa Gunungtiga Tahun 2016

  1. Komposisi penduduk berdasarkan pendidikan.

Tabel 3 : Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Tingkat Pendidikan Belum Sekolah Tidak Tamat SD Tamat SD/ Sederajat Tamat SLTP/ Sederajat Tamat SLTA/ Sederajat Tamat Akademi/ Sederajat Tamat PT/ Sederajat Buta Huruf Jumlah
Jumlah (Jiwa) 678 466 1.362 758 250 29 34 3.543

Sumber : Data Monografi Desa Gunungtiga Tahun 2016

  1. Komposisi penduduk berdasarkan Lapangan Usaha.

Tabel 4 : Jumlah Penduduk Berdasarkan Lapangan Usaha

Lapangan Usaha Pertanian, kehutanan, perkebun-an dan perikanan Pertam-bangan dan Peng- galian Industri Peng-olahan Listrik dan Air Minum Bangun-an/ Kon-struksi Perda-gangan Besar, Eceran, Rumah makan & Hotel Ang-kutan, Pergu-dangan dan Komu- nikasi Keuangan, Asuransi, Usaha Persewaan Bangunan dan Jasa Perusahaan Jasa Sosial Kemasyarakatan dan Perorang-an Lainnya (Kegiatan yang belum jelas batas-annya) Jumlah
Jumlah (jiwa) 4 2 138 98 62 161 465

Sumber : Data Monografi Desa Gunungtiga Tahun 2016

Laporan lebih rinci dapat dilihat pada Laporan Penduduk Bulan Desember 2016 sebagaimana terlampir.

 KONDISI EKONOMI

  1. Perkembangan Perekonomian Desa

Pertumbuhan ekonomi Desa Gunungtiga dipengaruhi oleh pertumbuhan hasil pertanian, industri kecil atau rumah tangga dan keberadaan pusat perekonomian. Karena kurangnya lapangan pekerjaan yang ada di Desa Gunungtiga menyebabkan banyaknya warga merantau kedaerah lain terutama ke Jakarta, Jawa Barat dan daerah lain. Tercatat  ± 15 % warga Desa Gunungtiga yang mencari nafkah di perantauan. Minimnya skill yang dimiliki para perantauan, menyebabkan lapangan pekerjaan yang mereka peroleh di daerah perantauan hanya pada sektor jasa diantaranya jasa transportasi ( sopir), perumahan ( pembantu ) , bangunan ( tukang ) , ada sedikit yang bisa diterima dibidang pendidikan hampir tidak ada yang masuk diperkantoran . Akibatnya hasil dari para perantauan boleh dibilang hanya bisa untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya tidak bisa memberi kontribusi lebih kepada perekonomian desa.

  1. Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita (pendapatan setiap orang per tahun)  merupakan salah satu indikator kondisi perekonomian Desa Gunungtiga. Pendapatan perkapita penduduk Desa Gunungtiga pada tahun 2016 sebesar Rp 18.000.000,00 (delapanbelas juta rupiah). Dengan pendapatan perkapita penduduk tersebut berarti rata-rata penduduk Desa Gunungtiga memiliki penghasilan + Rp 1.500.000,00 per bulan, artinya lebih rendah dari UMK Kabupaten Pemalang tahun 2016.

  1. Potensi Unggulan

Desa Gunungtiga memiliki beragam potensi sumberdaya yang bisa dikembangkan, baik yang berasal dari sumberdaya alam maupun sumber daya buatan. Beberapa potensi unggulan dalam rangka mendukung pengembangan Desa Gunungtiga meliputi :

  • Industri rumah tangga

Desa Gunungtiga memiliki industri rumah tangga pembuatan sapu glagah yang berkualitas ekspor. Industri ini terletak di Dukuh Ringin Desa Gunungtiga Kecamatan Belik. Hanya saja industri ini belum dikelola secara maksimal karena keterbatasan sumber daya walaupun sebenarnya bahan bakunya banyak terdapat di Desa Gunungtiga. Bukan tidak mungkin kalau dikelola secara profesional akan menjadi sumber usaha yang sangat potensial.

  • Industri Kecil Makanan

Di Desa Gunungtiga memiliki banyak produk industri kecil, diantaranya adalah rempeyek kacang dan rengginang. rempeyek merupakan salah satu industri rumah tangga yang keberadaannya paling lama. Jumlah pengusaha ada sekitar 2 orang. Industri ini terletak di Dusun Krajan Desa Gunungtiga Kecamatan Belik. Rempeyek ini hanya dipasarkan di pasar sekitar wilayah belik .

Ditahun 2016 juga ada yang mulai merintis makanan ringan berupa keripik singkong, pisang dan opak. Tapi karena keterbatasan modal usaha ini juga lambat perkembangannya.usaha ini berada di wilayah RT 11.

  • Peternakan Ayam Potong

Desa Gunungtiga sebenarnya adalah daerah yang sangat potensial untuk usaha dalam bidang peternakan ayam potong. Pernah ada 5 lokasi peternakan ayam potong. Tapi karena kurangnya ketahanan dari para pengusaha dibidang tersebut , saat ini hanya tinggal 1 pengusaha saja yang masih bertahan. Hal ini disebabkan karena kekurangan modal dan kurangnya pengetahuan tentang peternakan ayam potong.

  • Ternak Ayam Kampung

Hampir  90% warga Gunungtiga memiliki ayam kampung yang jumlahnya bervariasi antara 8-20 ekor setiap rumah.  Mereka memanfaatkan hewan peliharaan ini sebagai simpanan yang bisa dimanfaatkan bila ada kebutuhan yang mendesak, juga dijadikan menu bila ada acara dalam keluarga.

  • Ternak Kambing

Hampir  50% warga Gunungtiga memiliki Ternak Kambing yang jumlahnya bervariasi antara 2-10 ekor setiap rumah.  Mereka memanfaatkan hewan peliharaan ini juga sebagai simpanan selain ayam kampung  yang bisa dimanfaatkan bila ada kebutuhan yang mendesak yang jumlahnya agak besar, ternak ini juga dijadikan menu bila ada acara/hajatan  dalam keluarga.

  • Ternak Sapi

Desa Gunungtiga adalah merupakan sentra sapi yang sekarang sudah mencapai + 280 ekor atau 170 KK peternak sapi, adapun jenis sapi penggemukan berlokasi di Dusun Sibulu Desa , Sibulu Dukuh, Dukuh Mremang, dengan perkiraan hasil yang diperoleh + Rp 1.000.000,00 s/d Rp 2.000.000,00 per ekor.

  • Pembuatan Batako.

Di Desa Gunungtiga telah memiliki industri pembuatan batako yang dikelola oleh masyarakat. Jumlah pengusaha ada 4 orang dengan tenaga kerja 12 orang. Industri ini terletak didusun Sibulu Desa  dengan jumlah pengusaha 1 orang, Sibulu Dukuhg sejumlah 2 orang, dan Dukuh Ringin 1 orang. Pemasaran produknya disekitar Kecamatan Belik. Omset yang hasilkan setiap tahun + Rp 75.000.000,00.

  • Pengolahan Nilam

Ada 3 lokasi pengolahan minyak nilam yang ada di Desa Gunungtiga, tapi hanya ada 2 yang masih beroperasi saat ini. Sebetulnya minyak nilam juga merupakan salah satu hasil pertanian yang sangat potensial di Desa Gunungtiga. Hanya pengelolaannya belum diusahakan dengan maksimal. Perlu adanya pembinaan dari instansi terkait sehingga bisa menjadi salah satu penopang perekonomian Desa Gunungtiga dimasa yang akan datang.

  • Jasa jahitan.

Di Desa Gunungtiga ada sekitar 30-an tukang jahit yang selama ini berusaha dibidang jasa jahitan. Konsumen dari jasa ini adalah dari wilayah kecamatan belik bahkan banyak yang dari wilayah kecamatan watukumpul. Sebetulnya usaha ini sangat potensial bila dikembangkan secara profesional sehingga bisa menjadi penopang perekonomian desa.